Rabu, 24 November 2010

Fenomena Jejaring Sosial di Masyarakat


Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang di dunia ini. Bagaimana tidak internet menyediakan berbagai informasi yang kita butuhkan, sekali klik kita bisa menemukan apa yang kita cari dan butuhkan, tanpa harus menguras banyak waktu dan biaya. Apalagi dengan adanya jejaring sosial yang kini sedang merebak diseluruh dunia, tampaknya banyak sekali tugas-tugas utama,dan kewajiban banyak di lalaikan, karena telah terlalu asik oleh jejaring sosial ini. Jejaring sosial yang sudah banyak akrab ditelinga kita seperti facebook, friendster, myspace, twitter, koprol,plurk, yahoo messenger, dll.

Manusia memang sangat senang berkomunikasi bahkan dalam sebuah facebook, ada yang memiliki tenman sampai beribu-ribu. Bukan hanya orang Indonesia, tetapi juga dari Luar negeri. Mereka saling menyapa dan berkenalan dalam jejaring sosial ini, bahkan tidak sedikit yang saling bertukar nomor handphone. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikan jejaring sosial ini bukan hanya untuk sekedar mencari teman, tetapi juga untuk mencari jodoh. :)

Banyak hal positif dan negatif dari adanya jejaring sosial ini, banyak sekali orang yang mempunyai banyak teman, mendapatkan jodoh, memudahkan para pebisnis untuk mempromosikan barang dagangannya, meluaskan wawasan kita terhadap dunia luar dan banyak informasi yang bisa kita dapatkan.

Namun dampak negatif pada jejaring sosialpun tidak kalah banyaknya, karena dengan mengikuti jejaring sosial ini kita telah jelas-jelas membuka identitas diri kita, maka banyak sekali orang-orang yang tidak mengetahui siapa kita menjadi tahu, dan tidak sedikit dengan adanya jejaring sosial terjadi banyak penculikan dan penipuan. Banyak pula orang-orang yang mengapload banyak situs-situs porno ke dalam jejaring sosial, sehingga banyak orang, bahkan anak-anak yang dapat melihat. Banyak remaja dan anak-anak yang lupa waktu dan kewajibannya sebagai pelajar, karena keasikan berkomunikasi pada jejaring sosial.

Menurut pendapat saya fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat karena pengaruh internet, khususnya pada jejaring sosial, terjadi karena kurangnya perhatian orang tua pada anak-anak mereka, dan kurangnya kesadaran para pengguna jejaring sosial yang sering menyalahgunakan manfaat positif yang harusnya dilakukan.

1 komentar: