Selasa, 30 November 2010

Penjelasan dan Solusi Dampak Negatif Internet


Teknologi Internet sudah sangat dekat dengan masyarakat, semua orang sudah menganggap internet sebagai kebutuhan utama. Bagaimana tidak, internet menyajikan semua informasi dan sarana via online kepada kita. Sebagaimana hal lainnya, internet pun mempunyai dampak positif dan negatif.
Saat ini saya akan menjelaskan tentang dampak positif dan negatif dari internet dalam beberapa aspek :

- Ekonomi : Pada internet kita dapat mencari berbagai macam produk yang kita inginkan, karena internet banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dan wiraswastawan sebagai sarana untuk mempromosikan barangnya. Akan tetapi karena banyaknya jual beli menggunakan sarana internet seringkali terjadi penipuan dan banyak terjadi penjualan PSK (Pekerja Sex Komersial) via online, yang akan berbuntut pada terjadinya cybersex.

- Sosial : Internet menjadikan kita berwawasan luas, bagaimana tidak, kita dapat menjumpai berbagai macam orang dari berbagai penjuru dunia. Apalagi ditambah dengan adanya jejaring sosial, yang menjadikan kita mempunyai banyak teman dari berbagai macam daerah di seluruh pelosok dunia. Namun dengan adanya jejaring sosial ini pula banyak terjadi tindak kriminalitas. Banyak sekali gadis yang diculik, yang diawali dengan perkenalan di dunia maya ini.

- Budaya : Internet menjadikan budaya kita dikenal oleh negara-negara lain, sebaliknya juga kita dapat mengenali budaya-budaya lain. Namun dengan begitu banyak sekali anak muda bangsa Indonesia mencontoh budaya barat yang bertolak belakang dengan budaya kita (Timur). Mereka menjadi korban westernisasi.
- Hiburan : Internet menyajikan banyak sekali hiburan, mulai dari jejaring sosial, berbagai macam musik, sampai dengan game online yang dapat dengan mudah diakses. namun demikian dengan adanya hiburan-hiburan ini, banyak sekali orang yang menjadi kecanduan. Mereka menjadi lupa waktu bahkan lupa akan kewajiban mereka.

- Pendidikan : Pendidikan berlimpah luas di dalam internet, sekali ketik apa yang kita cari banyak sekali artikel yang kita temukan. Oleh karena itu. Internet menjadi buku kedua para pelajar. Banyak sekali mahasiswa dan pengajar yang menggunakan internet sebagai bahan mereka untuk menjalankan aktivitas belajar mengajar. Akan tetapi karena terlalu mudahnya mengakses, banyak sekali pelajar yang langsung mengcopy-paste (menyalin) tugas-tugas, tanpa membaca/ mempelajarinya terlebih dahulu.

Ditinjau dari aspek-aspek tersebut, kita dapat melihat dari segi positif dan negatifnya. Kita dapat mengetahui banyak hal dan informasi dari internet, akan tetapi kita harus sangat berhati-hati terhadap dampak negatifnya. Seperti yang telah saya paparkan di atas banyak sekali yang telah menjadi korban internet.

Oleh karena itu saya kira kita perlu mengawasi putra-putri kita dalam menggunakan internet. Kita wajib waspada dan memberikan pendidikan tentang cara penggunaan internet yang beretika. Gunakan internet seperlunya saja, sehingga kita tidak membuang banyak waktu kita di depan komputer, waspada akan oknum-oknum yang mengajak berkenalan di dunia maya ini. Jangan pula mudah tergiur dengan tawaran-tawaran maya yang tidak jelas-jelas tidak ada jaminannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar