Senin, 10 Mei 2010

MARYAMAH KARPOV (Mimipi-mimpi Lintang)


LINTANG

Dengan pisau lipat

Kuukir pelan-pelan

Kalimat yang dalam

Dari perasaanku yang larat

Karena hormatku yang sarat

Untuk pesona persahabatan dan kecerdasan

Lintang, Lintang, hatimu yang benderang

Qui genus humanun ingenio superavit

Manusia genius tiada tara



Buku keempat dari tetralogi Laskar Pelangi ini menceritakan tentang keberanian dan keteguhan hati seorang anak bernama Ikal. Dia telah menjelajahi bebagai sudut-sudut dunia demi menemui pujaan hatinya A Ling. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A ling mulai tampak. Semua kerja kerasnya tidak luput dari bantuan teman-teman dari Laskar Pelangi.

Lintang, salah satu sahabat Ikal dari anggota Laskar Pelangi adalah salah satu tokoh yang sangat mengagumkan, bagaimana dengan kecerdasannya yang luar biasa, telah banyak membantu Ikal dalam permasalahan-permasalahannya. Lintang yang dalam kisah sebelumnya diceritakan sebagai anak yang sangat pandai dan bersemangat dalam melahap pengetahuan, tetapi harus putus sekolah karena ayahnya bunuh diri karena tidak tahan dengan hidup miskin, membuat Lintang harus putus sekolah untuk membiayai kehidupan adik-adiknya.

Walau demikian Lintang tetaplah Lintang, setelah berpuluh-puluh tahun tidak bertemu, Lintang sama sekali tidak berubah. Hatinya yang tulus dan tidak pernah putus asa terus membawa Ikal bersemangat menemukan gadis impiannya.

Dalam novel ini Andrea Hirata benar-benar telah membawa para pembaca pada kisah yang menakjubkan sekaligus mengharukan. Kita akan merasakan betapa setiap kalimat yang diciptakan memiliki kekuatannya sendiri. Banyak pula kisah-kisah mengagumkan lainnya yang tidak kita tidak sangka akhirnya. Lika-liku kehidupan yang menakjubkan, yang patut dijadikan contoh dan teladan bagi para pemuda/pemudi bangsa zaman sekarang.


Judul Buku : Maryamah Karpov
Penulis : Andrea Hirata
Kategori : Kisah Nyata
Penerbit : Bentang, Yogyakarta
Tahun : 2008 (Cetakan I)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar