Kamis, 04 November 2010

FILE SHARING


Kasus pencurian data (data theft) semakin marak terjadi. Jika data yang dipindahkan hanya MP3, mungkin tidak masalah. Bagaimana jika yang dipindahkan adalah data-data accounting dan keuangan yang begitu penting dan sensitive? USB Technology sungguh fenomenal, begitu tinggi effesiensi yang ditimbulkannya. Dahulu memindahkan data ke external storage itu tidak mudah, hanya orang-orang technicion yang tahu. Dengan adanya USB port di computer, memindahkan data menjadi begitu mudah, plug external data storage anda (flash disk, HDD external, Ipod, MP3 player, name it), data bisa berpindah dalam hitungan menit bahkan detik.

Namun demikian, typically seperti benda-benda duniawi lainnya, semua ada baik dan buruknya. USB port bisa menjadi potensi masalah. Ada beberapa potensi masalah yang paling major ditimbulkan, antara lain:

1. Masuknya virus dan miliceous berbahaya lainnya: Melalui external data storage yang di plug ke USB Port, virus dan milicieous berbahaya lainnya bisa berpindah dan masuk ke komputer dalam hitungan minutes.

2. Pencurian data: external data storage beragam macamnya, mulai dari yang besar hingga piranti yang paling kecil (flash disk). Flashdisk adalah yang paling sering dipakai, karena ukurannya yang begitu kecil. Tidak mudah kelihatan ketika pencurian data dilakukan. Diam-diam membawa flashdik, lalu ditancapkan di USB port, data berpindah ke flashdisk pencuri dalam hitungan menit. Memindahkan data ke flashdik begitu mudah, siapa pun bisa melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar